Kajian Kitab Kuning Klasik

24 Juni 2020 - Kategori Blog

Kitab Nasoihul Ibad

Kajian Kitab Kuning Klasik Ke-59

والمقالة الرابعة عشرة ، عن حاتم الاصم رحمة الله عليه انه قال; مَنْ ادَّعَى اَرْبَعَةً بِلاَ اَرْبَعَةٍ فَدَعْوَاهُ كاَذِبَةٌ ، مَنْ ادَّعَى حُبَّ اللّهِ وَلَمْ يَنْتَهِ عَنْ مَحَارِمِ اللّهِ تعالى فَدَعْوَاهُ كِذْبٌ ، وَمَنْ ادَّعَى حُبَّ النَّبِى عَلَيه السلام وَكَرِهَ الفُقَرَاءَ وَالمَسَاكيْنَ فَدَعْوَاهُ كِذْبٌ ، وَمَنْ ادَّعَى حُبَّ الجَنَّةِ وَلَمْ يَتَصَدَّقْ فَدَعْوَاهُ كِذْبٌ ، وَمَنْ ادَّعَى خَوْفَ النَّارِ وَلَمْ يَنْتَهِ عَنِ الذُّنُوْبِ فَدَعْوَاهُ كِذْب.

Dari syeh Hatim Al Ashom ra, beliau berkata; Barang siapa mengaku2 dengan empat sifat, tanpa di buktikan dengan empat hal, maka pengakuannya hanya bohong belaka.
di katakan dalam suatu sya’ir;
_ jika engkau pandai menunggang kuda, jadilah seperti Imam Ali #atau engkau ahli sya’ir, jadilah seperti ibnu Hani'(Abu Nawas).
_ setiap orang yg mengaku sesuatu yg tidak ada padanya # maka akan kelihatan kebohongannya ketika harus membuktikannya.

1. Barang siapa mengaku mencintai Alloh, akan tetapi dia selalu menerjang larangan2 Alloh, maka pengakuannya itu adalah bohong belaka.
karena dia masih berani melakukan sesuatu yg di larang oleh Alloh.

2. Barang siapa mengaku mencintai Nabi ﷺ ,akan tetapi dia tidak suka dengan orang2 faqir & miskin, maka pengakuannya itu adalah bohong belaka.
karena Nabi ﷺ mencintai orang2 yg faqir & miskin.

3. Barang siapa mengaku cinta surga(ingin masuk surga), akan tetapi dia tidak mau bersedekah, maka pengakuannya itu adalah bohong belaka.

4. Barang siapa mengaku takut dengan Neraka, akan tetapi dia tidak berhenti dari melakukan dosa, maka pengakuannya itu adalah bohong belaka.

Nabi ﷺ bersabda :
حُجِبَتْ النَّارْ بِالشَّهَوَاتِ وَحُجِبَتْ الجَنَّةُ بِالمَكَارِهِ.

Neraka itu di kelilingi (di pagari) dengan syahwat(sesuatu yg di sukai oleh nafsu).
dan surga itu di kelilingi(di pagari) dengan sesuatu yg tidak di sukai (oleh nafsu)
hadits ini termasuk sabda Nabi yg mencakup sabda2 Nabi yg lain, (yg mempunyai arti yg sangat luas)yg menerangkan tentang jeleknya menuruti syahwat dan menganjurkan untuk melakukan taat (ibadah) ,seakan2 Nabi ﷺ bersabda :

“Seseorang tidak akan dapat masuk surga kecuali dia mau melakukan sesuatu yg berat(beribadah),dan tidak akan bisa masuk neraka kecuali dengan menuruti kemauan syahwat keinginannya.”

Barang siapa menjebol pagar, maka dia akan masuk kedalamnya

semoga kita selalu dapat pertolongan Alloh untuk melakukan sesuatu yg dapat menghantarkan kita untuk masuk surga dan menjauhkan kita dari api neraka. Aamiin

Ikuti terus Kajian berikutnya, InsyaaAllah

, , ,

 
Chat via Whatsapp